Widgetized

Sabtu, 07 Maret 2015

Cara Memantau dan Mengoptimalkan Kecerdasan Anak

Cerdas adalah kemampuan seorang anak dalam beradaptasi dengan lingkungan serta kemampuan anak dalam memecahkan masalah dan mempelajari situasi. Kecerdasan anak dapat dipantau dari perkembangan kognisi dan persepsinya yang dapat dilakukan sejak bayi. Salah satu organ penting yang perlu diperhatikan dalam proses tumbuh kembang anak adalah otak. Otak secaa garis besar terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian otak kanan dan otak kiri yang memiliki fungsi yang berbeda. Di bawah ini adalah tabel fungsi otak kanan dan otak kiri.

Otak Kiri

Otak Kanan

  • Berbicara dan mengusai tata bahasa sehingga dapat berbahasa dengan baik dan benar.
  • Sifat intuitif dan berperasaan, dalam berbahasa berperan dalam gaya behasa (intonasi dalm komunikasi pragmatis).
  • Baca-tulis-hitung.
  • Sifat waspada, atentif, berdaya konsentrasi.
  • Daya ingat nama, waktu, peristiwa.
  • Pengenalan ruang dan lingkungan.
  • Sifat logis, analitis, terarah pada satu persoalan, langkah demi langkah, rasional. Ini berhubungan erat dengan pembentukan kecerdasan anak yang penting untuk pendidikan formal.
  • Pengenalan diri dan orang lain.
 
  • Senang akan musik.
 
  • Kondisi emosi yang relatif stabil atau terkendali.
 
  • Proses sosialisasi: pembentukan kepribadian dan kemandirian.
 
  • Bersifat kreatif dan produktif.

Stimulasi seimbang pada kedua belahan otak sangat dibutuhkan agar si kecil menjadi anak yang cerdas dan
berperilaku baik. Contoh stimulasi yang sangat baik untuk mengembangkan fungsi otak si kecil adalah musik. Penelitian yang dilakukan di Eropa membuktikan bahwa musik sangat membantu memperkuat bayi prematur. Penelitian lain menunjukkan, memperdengarkan musik selama 40 menit sehari selama 4 hari dapat menaikkan berat badan, menurunkan tekanan darah dan memperkuat detak jantung bayi.Dalam perkembangan anak, kecerdasannya dapat dipantau dari perkembangan kognisi dan persepsinya sejak bayi.
UsiaKognisi / Persepsi
0 bulanReaksi kesal, kaget terhadap cahaya dan suara nyaring.
1 bulanMata bergerak kedua sisi mengikuti kerincingan warna merah.
2 - 3 bulanMata mengikuti kerincingan warna merah, gerakan mata dari sudut ke sudut mata yang lain.
4 bulanMengamati mainan di tangan.
5 - 6 bulanMengikuti benda yang jatuh dengan pandangannya.Mencari sumber bunyi/objek dengan memutar kepala.
7 - 8 bulanBerusaha mengambil benda yang diraih dengan mengubah sikap tubuh.
9 bulanMelihat dan menyadari adanya benda dalam kotak dan meraihnya.Memasukkan gelang-gelang ke liangnya.
10 - 11 bulanMelempar mainan dengan sengaja. Memainkan lonceng. Meraba bagian-bagian benda dengan telunjuk.
12 bulanMenarik mainan pada talinya. Menjatuhkan benda ke dalam kotak kecil.
13 - 15 bulanMenunjuk minat pada gambar. Mengambil mainan dari kotak dan mengembalikannya. Membuka tutup kotak.
16 - 18 bulanMenunjuk 3 bagian tubuh. Menemukan mainan yang disembunyikan. Mengerti fungsi benda.
19 - 24 bulanMenunjuk 4 bagian tubuh. Mencocokkan bentuk.
2 th - 2 th. 3 blnMencocokkan bentuk (geometris).
2 tahun 6 bulanMenunjukkan 12 bagian tubuh. Menyebutkan 4 bagian tubuh.
3 tahunMain puzzle belah empat atau lima. Menyesuaikan 4 warna. Berhitung sampai lima. Menghitung jumlah benda sampai 3.
Dengan mengetahui tahapan-tahapan perkembangan kognisi/persepsi, Anda dapat menstimulasi kecerdasan anak sejak dini.Sumber : 3 Tahun Pertama Yang Menentukan - Seri Ayahbunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Looped Slider

Sample Text

Sample Text

Sample text

Social Icons

Mengenai Saya

yes

Featured Video

Pages

Find Us On Facebook

SMP AL - HUSNA. Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Social Icons

Social Icons

Followers

Gagdet

Popular Posts

Featured Posts

Video Of Day